7 Cara Ampuh Mencegah Pakaian Pudar Warna Saat Dicuci

Tips & Trick484 Dilihat

Pakaian yang Awet Warna: Tips dan Trik untuk Perawatan yang Tepat

batikbagoes.com Pakaian yang sering dicuci dan dikeringkan dengan cara yang tidak tepat memiliki risiko pudarnya warna. Selain itu, pemilihan sabun cuci dan pemutih yang tidak sesuai juga dapat menyebabkan pakaian kehilangan kecerahan warnanya. Bagaimana caranya agar pakaian tetap awet dan tidak pudar warnanya? Berikut adalah 7 cara yang bisa Anda terapkan:

1. Cuci dengan Warna yang Sama

Memisahkan pakaian berdasarkan warna sebelum mencuci adalah langkah pertama yang sangat penting. Hindari mencampur pakaian berwarna gelap dengan yang berwarna terang untuk mencegah transfer warna yang tidak diinginkan.

2. Baca Label Perawatan

Sebelum mencuci, pastikan untuk membaca label perawatan pada pakaian. Setiap pakaian memiliki petunjuk perawatan yang berbeda, termasuk suhu air yang disarankan dan instruksi khusus lainnya.

3. Gunakan Air Dingin

Cuci pakaian dengan menggunakan air dingin dapat membantu menjaga kecerahan warna. Air panas cenderung lebih memudahkan warna untuk lepas dan meresap ke pakaian lain.

4. Jemur dengan Arah Terbalik

Saat menjemur pakaian, pastikan untuk melakukannya dengan arah terbalik. Hal ini dapat membantu melindungi warna pakaian dari paparan langsung sinar matahari yang dapat membuatnya cepat pudar.

5. Jangan Biarkan Terlalu Kering

Hindari menjemur pakaian terlalu lama atau terlalu kering. Segera angkat pakaian setelah kering untuk mencegah pakaian terpapar terlalu lama pada sinar matahari yang dapat merusak warnanya.

6. Tambahkan Cuka

Tambahkan setengah cangkir cuka putih ke dalam siklus pembilasan mesin cuci. Cuka dapat membantu menjaga warna pakaian dan juga sebagai pelembut alami.

7. Cuci dengan Lembut

Pilih siklus pencucian yang lembut untuk pakaian yang rentan terhadap pudarnya warna. Hindari penggunaan siklus pencucian yang terlalu keras yang dapat merusak serat dan warna pakaian.

READ  Jangan Sembarangan Beli Mobil Bekas di Marketplace, Ini yang Perlu Diperhatikan