Survei Elektabilitas Capres-Cawapres 2023: Prabowo-Gibran Unggul, Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud Bersaing Ketat

News756 Dilihat

Hasil Survei Terbaru Indikator Politik Indonesia

batikbagoes.com  Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei terkini mengenai elektabilitas calon presiden dan wakil presiden pada hari ini, Selasa, 26 Desember 2023. Berdasarkan hasil tersebut, pasangan Prabowo-Gibran diprediksi akan lolos ke putaran kedua pemilihan presiden. Meski demikian, survei ini membantah klaim lembaga lain yang menyatakan kemenangan Prabowo-Gibran dalam satu putaran.

Pesaing Ketat: Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud

Menurut Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, data survei mereka menunjukkan bahwa Prabowo-Gibran belum mencapai angka 50 persen. “Kami belum menemukan data Prabowo-Gibran menyentuh angka 50 persen,” ujar Muhtadi dalam rilis hasil survei yang disampaikan secara daring pada Selasa, 26 November 2023.

Rinciannya: Elektabilitas dan Persaingan

Hasil survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan bahwa elektabilitas Prabowo-Gibran berada pada angka 46,7 persen. Sementara itu, pasangan Ganjar-Mahfud mendapatkan dukungan sebesar 24,5 persen, dan Anies-Muhaimin sebesar 21 persen. Perlu dicatat bahwa peringkat kedua dan ketiga berada dalam margin of error sebesar 2,9 persen, menunjukkan persaingan yang sangat ketat di antara kedua pasangan tersebut.

Implikasi dan Dinamika Pemilihan

Dengan hasil ini, dinamika pemilihan presiden semakin menarik, terutama dengan persaingan yang ketat antara pasangan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud. Meskipun Prabowo-Gibran masih mendominasi, belum mencapai ambang batas 50 persen menunjukkan bahwa putaran kedua pemilihan presiden akan menjadi momen penentu. Dengan margin of error yang signifikan, pergeseran dukungan pemilih bisa menjadi faktor kunci dalam menentukan arah perhelatan pemilihan presiden 2023.

READ  KPK Mencekal Keluarga SYL ke Luar Negeri: Alasan dan Pengungkapan Penggunaan Dana Korupsi