Terkuak! Biang Kerok Harga Cabai Meningkat Jelang Tahun Baru

Finance440 Dilihat

Harga Cabai Terus Meningkat, Badan Pangan Nasional Ungkap Penyebabnya

batikbagoes.com Harga cabai terus merangkak naik menjelang penutupan tahun 2023. Badan Pangan Nasional (Bapanas) mengungkapkan bahwa fenomena ini disebabkan oleh produksi cabai yang minim, membuatnya sulit memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat.

Fluktuasi Harga Cabai di Berbagai Daerah

Arief, perwakilan Bapanas, menjelaskan bahwa produksi dan konsumsi cabai tidak seimbang, menjadi pemicu fluktuasi harga. Beberapa daerah mengalami kenaikan harga cabai yang signifikan, sementara di daerah lain harga tetap rendah karena produksi melimpah.

Peran Pemerintah Daerah dalam Mengatasi Masalah Cabai

Arief menekankan bahwa kunci penyelesaian masalah harga cabai ada pada pemerintah daerah. Beberapa daerah, seperti Nusa Tenggara Timur (NTT), berhasil menjaga harga cabai tetap terjangkau dengan produksi yang mencukupi. Setiap pimpinan daerah diimbau untuk memprioritaskan kebutuhan pangan di wilayah masing-masing.

Langkah Pemantauan dan Persiapan

Arief menekankan bahwa produksi cabai sebenarnya tidak sulit, tetapi perlu pemantauan dan persiapan yang baik. Dengan menanam dan memanen cabai sesuai dengan tren dan kebutuhan pasar, fluktuasi harga dapat diantisipasi.

READ  PHE ONWJ Raih Anugerah Tata Bandha Energi 2023 dari Kementerian ESDM