Teknologi Ramah Lingkungan: UD Truck Hadirkan AdBlue untuk Tekan Emisi

Automotif413 Dilihat

Transformasi Ramah Lingkungan di Segmen Kendaraan Niaga

batikbagoes.com Dalam upaya untuk mengurangi polusi udara, sejumlah Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM) kini semakin fokus pada elektrifikasi kendaraan. Namun, segmen kendaraan niaga, terutama truk, masih menghadapi kendala dalam bertransformasi menjadi kendaraan listrik. Dalam konteks ini, UD Trucks Indonesia memperkenalkan solusi dengan memanfaatkan teknologi AdBlue untuk meminimalisir emisi gas buang pada truk.

Peran AdBlue dalam Menekan Emisi Gas Buang

Ali Umar, perwakilan dari bagian penjualan UD Trucks Indonesia, menjelaskan bahwa penggunaan AdBlue memiliki dampak positif terhadap emisi gas buang truk, menjadikannya lebih ramah lingkungan. “Sejak April 2022, pemerintah Indonesia menerapkan standar emisi yang lebih tinggi untuk kendaraan angkut, meningkat dari Euro 3 ke Euro 5. Sejalan dengan peraturan ini, truk Quester Euro 5 milik UD Trucks dilengkapi dengan teknologi SCR (Selected Catalytic Reduction) yang bekerja sama dengan AdBlue,” ujar Ali di Sunter.

Teknologi SCR untuk Efisiensi Mesin dan Ramah Lingkungan

Ali menjelaskan bahwa ada berbagai teknologi untuk mengelola gas buang kendaraan, namun SCR saat ini menjadi yang paling populer. Teknologi ini diakui mampu menghasilkan gas buang pembakaran yang ramah lingkungan tanpa mengorbankan efisiensi mesin. UD Trucks menggunakan AdBlue dalam sistem ini untuk mengoptimalkan kinerja mesin. “Merek lain yang tidak menggunakan SCR biasanya melakukan modifikasi pada mesin, menyebabkan penurunan efisiensi dari torsi hingga konsumsi bahan bakar. Sistem SCR dengan AdBlue membuat udara yang dihasilkan dari mesin lebih bersih sebelum dibuang ke lingkungan,” jelas Ali.

Dengan memanfaatkan AdBlue dan teknologi SCR, UD Trucks berkomitmen untuk memberikan solusi yang tidak hanya menjaga efisiensi mesin tetapi juga meminimalisir dampak negatif terhadap lingkungan. Solusi ini menjadi langkah positif dalam mendukung transformasi ramah lingkungan di industri kendaraan niaga.

READ  Honda Super Cub 110: Desain Klasik yang Menggoda Hati dengan Harga yang Menggiurkan