,

Teknik Dasar Lompat Jauh Dan Penerapannya

Teknik Dasar Lompat Jauh

Teknik Dasar Lompat Jauh – Dalam kehidupan modern, manusia tidak mampu dipisahkan dari olahraga. Baik sebagai arena adu prestasi maupun sebagai keperluan untuk memelihara situasi tubuh supaya selalu sehat.

Olahraga merupakan berbagai macam aktivitas atau bisnis untuk mendorong, membangkitkan, mengembangkan dan membina kebolehan jasmani maupun rohani pada tiap-tiap orang. Melalui olahraga mampu dibentuk manusia yang sehat jasmani, rohani serta membawa kepribadian, disiplin, sportifitas yang tinggi sampai pada selanjutnya akan dibentuk manusia yang berkualitas.

Salah satu type olahraga yang mampu dibilang olahraga paling tua dan merupakan induk dari semua cabang olahraga adalah atletik. Dalam nomor atletik terkandung berbagai latihan fisik yang lengkap dan menyeluruh.

Atletik terhitung merupakan salah satu cabang yang dipertandingkan atau diperlombakan yang terdiri atas nomor-nomor jalan, lari, lompat dan lempar. Dalam cabang olahraga atletik tersedia empat nomor, yakni nomor lompat jauh, lompat jangkit, lompat tinggi gala.

Adapun yang dimaksud bersama lompat jauh adalah suatu gerakan melompat manfaatkan tumpuan untuk menggapai jarak sejauh-jauhnya. Sasaran dan obyek lompat jauh adalah untuk menggapai jarak lompatan sejauh kemungkinan ke sebuah letak pendaratan atau bak lompat.

Asal usul lompat jauh mampu ditelusuri ke Olimpiade di Yunani Kuno, dikala para atlet mengangkat beban di tiap-tiap tangan. Ini diayunkan ke depan sementara terlepas landas dan dilepas di sedang lompatan dalam upaya untuk menaikkan momentum.

Lompat jauh seperti yang kita kenal sekarang, udah menjadi anggota dari olimpiade sejak olimpiade pertama tahun 1896. Sebagai salah satu cabang olahraga maka lompat jauh pasti saja miliki obyek tersendiri, dan melakukannya pun tidak asal melainkan bersama teknik dan keputusan tertentu.

Berikut Teknik Dasar Lompat Jauh dan keputusan lompat dikutip dari buku ‘Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan’:

1.Teknik Dasar Lompat Jauh

Ada empat Teknik Dasar Lompat Jauh yang perlu dipraktikan, yakni awalan/ancang, tolakan/tumpuan, sikap badan di udara, dan sikap mendarat. Jika semua teknik dikerjakan sesuai, maka hasil lompatan akan optimal.

a. Teknik awalan
Awalan pada lompat jauh adalah bersama berlari secepat kemungkinan untuk beroleh kecepatan yang tinggi sebelum akan jalankan gerakan menolak. Posisi kaki pada awalan terhitung terkait dari kebiasaan tiap-tiap atlet lompat jauh. Ada yang awalan bersama kaki sejajar, kaki kanan yang tersedia di depan atau sebaliknya.

Awalan dikerjakan bersama berlari pelan saja. Setelah itu kecepatan lari mampu ditambah. Harus diingat kecepatan tersebut perlu dipertahankan sampai menjelang tolakan. Saat mendekati 4 cara akhir sebelum akan tolakan maka kecepatan lari dijaga selalu konstan tidak malah dikurangi.

b. Teknik tolakan
Tolakan bermakna berpindahnya kecepatan vertikal yang didapat dari berlari ke kecepatan horizontal. Paling baik manfaatkan kaki yang paling kuat untuk tolakan. Dimulai dari kaki anggota tumit selanjutnya berakhir di ujung jari. Badan sebaiknya dicondongkan sedikit ke depan dikala akan menumpu. Sementara kaki yang berayun diangkat sampai setinggi pinggul bersama posisi lutut menekuk.

c. Teknik badan di udara
Saat badan melayang di hawa tersedia beberapa cara. Contohnya terjadi di atas udara. Caranya dikala badan sedang melayang, ayunkan kaki belakang bersama kuat ke arah atas. Lalu jalankan gerakan seperti melangkah atau terjadi di udara.

d. Teknik pendaratan
Pendaratan merupakan gerakan yang paling akhir dari urutan gerakan lompat jauh dan merupakan teknik paling akhir dari 4 Teknik Dasar Lompat Jauh. Perlu diketahui sebaiknya pendaratan dikerjakan bersama ke-2 kaki bersama posisi sejajar dan tumit yang lebih dulu mendarat di area bersama posisi tumit berhimpitan. Ini untuk mencegah cedera.

Pada sementara tumit belum menyentuh pasir area pendaratan, ke-2 kaki perlu lurus atau dijulurkan ke arah depan. Pertahankan supaya ke-2 kaki tidak saling menjauhi. Pasalnya jika jarak pada ke-2 kaki semakin lebar, maka jarak lompatan terhitung semakin berkurang.

Lalu perlu diperhatikan terhitung supaya sementara pendaratan tidak jatuh duduk pada pantat. Maka sebaiknya sesudah tumit menyentuh pasir, segera condongkan badan ke depan bersama posisi lutut ditekuk. Dan paling penting sesudah mendarat jangan ulang ke area jalankan gerakan tumpuan bersama menginjak area pendaratan.

Selain mencermati teknik, pelompat terhitung perlu miliki kekuatan, kekuatan lompat, kecepatan, ketepatan, kelenturan, dan mampu koordinasi semua gerakan. Teknik Dasar Lompat Jauh yang tidak boleh dilupakan terhitung adalah cepat, tepat, luwes, dan lancar.

2. Cara Lompat Jauh

Untuk jalankan teknik lompat jauh ini, pertama-tama pelompat perlu lari ancang-ancang pada 10 sampai 20 langkah. Kemudian, kecepatan lari ancang-ancang sedikit demi sedikit bertolak atau bertumpu.

Kedua, kecepatan ancang-ancang dipertahankan selalu maksimal sampai menggapai papan bertolak. Turunkan pinggang sedikit pada satu cara paling akhir dari ancang-ancang.

Ketiga, ayunkan paha kaki-bebas cepat ke posisi horizontal dan dipertahankan. Luruskan sendiri mata kaki, lutut, dan pinggang pada sementara jalankan tolakan. Bertolak lah ke depan dan ke atas (sudut tolakan 45 derajat)

Keempat, tolak kaki pada pangkal titik berat badan ke atas. Kemudian, diikuti kaki tolak menyusul kaki ayun. Saat melayang, tekuk ke-2 kaki sedikit supaya badan berada dalam sikap jongkok.

Kelima, sementara akan mendarat acungkan ke-2 kaki ke depan, yakni sejalan bersama ke-2 lengan diluruskan ke depan. Bila ke-2 kaki udah mendapat di bak pasir, duduklah atas ke-2 kaki.

3. Peraturan Lompat Jauh

Dalam olahraga lompat jauh tersedia beberapa keputusan yang perlu diikuti, yakni pertama lintasan awalan lebar sedikitnya 1,22 mtr. bersama panjang 45 meter. Kemudian, panjang papan tolakan 1,22 meter, bersama lebar 20 cm, dan tebal 10 cm.

Lalu, pada sisi dekat bersama area mendarat perlu ditaruh papan plastisin untuk mencatat bekas kaki pelompat andaikan ia berbuat salah tolak. Selanjutnya, papan tolakan perlu dicat putih dan berada di tahan datar bersama ditanam sedikitnya 1 mtr. dari tepi depan ba pasir pendaratan.

Untuk area pendaratan pelompat, lebar pendaratan sedikitnya 2,75 mtr. dan jarak pada garis tolakan sampai akhir area lompatan sedikitnya 10 meter. Perhatikan permukaan pasir di area pendaratan perlu datar bersama sisi atas papan tolakan.

Peraturan paling akhir dari teknik lompat jauh adalah peserta diperbolehkan melompat 3 kali giliran andaikan kuantitas pelompat lebih dari 8 orang. Delapan pelompat terbaik terhitung mampu melompat tiga kali ulang untuk memilih pemenang.

Bila peserta tidak cukup dari 8 orang, maka tiap-tiap peserta beroleh giliran sebanyak 6 kali. Adapun, sementara yang di sajikan pada pelompat cuma 1,5 menit.