Sudin Sumber Daya Air Pasang Pot Apung di Waduk Melati untuk Mengurangi Polusi Udara

News188 Dilihat

batikbagoes.com–Sudin Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Pusat telah mengambil tindakan inovatif untuk mengatasi masalah polusi udara dengan memasang pot apung di Waduk Melati. Tindakan ini merupakan langkah penting dalam upaya mendukung penghijauan dan mengurangi polusi udara di wilayah tersebut.

Waduk Melati, yang berlokasi di Jakarta Pusat, memiliki peran strategis dalam memasok air bersih kepada penduduk kota. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, kualitas udara di sekitar waduk telah semakin memburuk karena tingginya tingkat polusi udara.

Sudin SDA Jakarta Pusat telah mengembangkan konsep “floating forest” yang menggunakan sistem pot apung sebagai solusi. Pot apung ini didesain khusus sebagai tempat pertumbuhan tanaman air dan vegetasi hijau lainnya. Dengan begitu, mereka membantu membersihkan udara dari polutan sekaligus memberikan manfaat lingkungan yang signifikan.

Tujuan utama dari pemasangan pot apung ini adalah:

1. Mengurangi Polusi Udara: Tanaman yang tumbuh dalam pot apung ini akan menyerap karbon dioksida (CO2) dari udara sekitar dan menghasilkan oksigen. Hal ini akan secara signifikan mengurangi tingkat polusi udara di sekitar Waduk Melati.

2. Penghijauan: Sistem pot apung juga berkontribusi pada upaya penghijauan. Mereka menciptakan zona hijau yang tidak hanya berfungsi sebagai penyaring udara, tetapi juga sebagai habitat bagi berbagai spesies tanaman dan hewan air.

3. Meningkatkan Estetika Lingkungan: Floating forest memberikan nilai tambah berupa pemandangan alam yang indah, menjadikan Waduk Melati sebagai destinasi yang lebih menarik untuk warga setempat dan pengunjung.

READ  Kementan Berkomitmen Tingkatkan Produktivitas Pertanian dengan Pengembangan Lahan Rawa