Robert Kiyosaki Memprediksi AS Akan Menjadi Negara Termiskin: Alasan dan Strategi Keuangan

Finance522 Dilihat

Pandangan Kritis Robert Kiyosaki Terhadap Masa Depan Ekonomi Amerika Serikat

batikbagoes.com  Robert Kiyosaki, seorang penulis dan pebisnis terkenal asal Amerika Serikat, memberikan pandangan kontroversialnya terkait masa depan ekonomi negaranya. Dalam sebuah podcast baru-baru ini, Kiyosaki meramalkan bahwa Amerika Serikat, di bawah kepemimpinan Joe Biden, akan menjadi negara termiskin di dunia.

Latar Belakang Pernyataan Kontroversial

Pernyataan kontroversial Kiyosaki ini didasarkan pada pengalamannya saat mengunjungi Mumbai selama Growth Summit India 2023 pada bulan September lalu. Selama kunjungannya, ia menyaksikan kondisi daerah kumuh di Mumbai dan berinteraksi langsung dengan penduduk setempat. Menurutnya, kondisi ini menjadi gambaran buruk terhadap potensi kemiskinan yang bisa dialami Amerika Serikat.

Strategi Melindungi Kekayaan di Amerika yang Tidak Kondusif

Selain meramalkan, Kiyosaki juga membagikan beberapa strategi untuk melindungi kekayaan di tengah situasi yang dianggapnya tidak kondusif di Amerika Serikat. Sebagai pendukung kuat investasi pada aset fisik, Kiyosaki merekomendasikan emas dan perak sebagai bentuk lindung nilai yang efektif terhadap inflasi.

Meskipun memiliki sekitar 60 Bitcoin, Kiyosaki tetap memilih emas dan perak. Ia menekankan bahwa, meskipun uang kertas dapat diproduksi dalam jumlah tak terbatas, logam mulia memiliki kelangkaan bawaan, menjadikannya lindung nilai yang berharga.

Real Estate Sebagai Investasi Unggulan

Investasi real estate juga menjadi fokus Kiyosaki dalam menjaga kekayaannya. Saat ditanya mengenai membeli rumah versus menyewa, Kiyosaki mengungkapkan bahwa ia memiliki 15,000 rumah. Bagi investor ritel yang ingin menambahkan real estate ke portofolio mereka tanpa harus membeli properti secara langsung, Kiyosaki merekomendasikan Real Estate Investment Trusts (REITs) yang diperdagangkan secara publik sebagai pilihan yang lebih sederhana dan terjangkau.

READ  Tanda-tanda Melambatnya Ekonomi RI: Teori Chatib Basri dan Fenomena Masyarakat