Putri Tanjung Mendorong Pelajar Lulusan Luar Negeri untuk Pulang ke Indonesia

Business191 Dilihat

batikbagoes.com–Banyak pelajar Indonesia yang menyelesaikan studi mereka di universitas luar negeri, tetapi beberapa dari mereka memilih untuk tidak kembali ke Tanah Air dan lebih suka bekerja di luar negeri. Alasannya sangat beragam, salah satunya adalah perbedaan gaji sebagai pekerja di perusahaan Indonesia yang sering kali dianggap lebih rendah daripada gaji di perusahaan asing.

Himbauan Putri Tanjung

Putri Tanjung, Staf Khusus Kepresidenan, memberikan perhatian serius terhadap masalah ini. Putri Tanjung mendorong para lulusan Indonesia yang menyelesaikan studi mereka di luar negeri untuk kembali ke tanah air dan berkontribusi dalam pembangunan negara.

Menurutnya, para lulusan luar negeri memiliki perspektif yang luas dan pengetahuan yang berharga karena mereka telah hidup dalam berbagai budaya yang berbeda. Hal ini memungkinkan mereka untuk memahami kebutuhan global dan membantu Indonesia bersaing di tingkat internasional.

“Intinya adalah mengajak para generasi muda, baik yang memilih tinggal di luar negeri atau pulang ke Indonesia, untuk berkontribusi sebaik mungkin bagi negara kita. Kami membutuhkan partisipasi aktif dari generasi muda,” ungkap Putri Tanjung di Gedung Smesco Jakarta pada Kamis (12/10/2023).

 

Tantangan yang Dihadapi Lulusan Luar Negeri

Putri Tanjung juga menambahkan bahwa tidak semua lulusan luar negeri memilih untuk bekerja di luar negeri daripada di Indonesia. Dia berbagi contoh dua temannya yang sukses membangun perusahaan di Indonesia dan memberikan dampak positif pada perekonomian dalam negeri.

“Ada dua teman saya di sini, salah satunya adalah Aris, dia adalah lulusan SF, dan dia memulai bisnis sepatu lokal. Meskipun bekerja di luar negeri, dia tetap pulang ke Indonesia dan membangun perusahaannya sendiri yang 100% menggunakan bahan daur ulang,” ungkapnya.

“Dan ada juga teman saya, Ale, yang pernah bekerja di perusahaan teknologi, kemudian memutuskan untuk keluar dan mendirikan startup pendidikan. Dia memberikan kesempatan bagi banyak orang untuk belajar,” tambahnya.

Putri Tanjung mengapresiasi keputusan lulusan luar negeri yang memilih untuk kembali ke Indonesia dan berperan dalam pembangunan negara. Menurutnya, kontribusi mereka sangat berarti dalam upaya memajukan Indonesia.

READ  Jakarta Masih Ibu Kota Indonesia: Dasar Hukum dan Implikasinya