Produsen Motor Listrik PT Terang Dunia Internusa (TDI) Akan Bangun Pabrik Baterai Sendiri

Automotif308 Dilihat

batikbagoes.com–Produsen motor listrik United E-motor, yang diwakili oleh PT Terang Dunia Internusa (TDI), telah mengumumkan rencananya untuk membangun pabrik baterai sendiri. Langkah ini diambil dengan harapan mendukung perkembangan kendaraan listrik, tidak hanya milik United E-motor tetapi juga kendaraan listrik lainnya.

 

Upaya Terang Dunia Internusa untuk Mempercepat Pengembangan Kendaraan Listrik

Direktur PT TDI, Henry Mulyadi, menjelaskan bahwa pembangunan pabrik baterai ini merupakan bagian dari upaya mereka untuk memperkuat infrastruktur guna mempercepat pengembangan kendaraan listrik lokal. Selain itu, United E-motor juga fokus pada penguatan produk dan distribusi produk hingga ke diler-diler.

“Kami melihat pemerintah memiliki visi besar terkait ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, dan visi ini sejalan dengan visi kami. Kami akan sepenuhnya berkontribusi dalam percepatan ini,” kata Henry dalam pernyataannya pada tanggal 11 Oktober 2023.

Meskipun demikian, United E-motor belum memberikan rincian terkait kapasitas produksi pabrik, jadwal mulai produksi, dan teknologi yang akan digunakan. Namun, rencana pembangunan pabrik baterai ini telah mendapat apresiasi dan menjadi tunggu-tunggu oleh banyak pihak.

Pemerintah Indonesia juga telah aktif mendorong penggunaan kendaraan listrik melalui berbagai insentif, termasuk subsidi sebesar Rp 7 juta. Syarat untuk memperoleh subsidi ini juga telah disederhanakan, hanya memerlukan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Meskipun pemerintah telah menyediakan kuota subsidi sebanyak 200 ribu unit, saat ini baru terisi 5 ribu unit. Harapannya, dengan kemudahan yang diberikan oleh berbagai produsen, masyarakat akan semakin tertarik untuk beralih ke kendaraan ramah lingkungan dan mendukung mobilitas yang lebih berkelanjutan.

Saat ini, United E-motor telah merilis empat tipe motor listrik yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Diantaranya adalah model TX3000 dengan harga mulai dari Rp 49,9 juta, TX1800 dengan harga mulai dari Rp 33,9 juta, T1800 dengan harga mulai dari Rp 30,5 juta, dan MX1200 dengan harga mulai dari Rp 15,8 jutaan.

READ  Toyota Rangga Concept: Masa Depan Kendaraan Niaga Serbaguna yang Menginspirasi