Pikap Daihatsu Mendominasi Pasar di Indonesia Bagian Timur (IBT)

Automotif313 Dilihat

Daihatsu Kuasai Pasar Indonesia Bagian Timur (IBT) dengan Model Pikap

Tulus Pambudi Ungkap Kepopuleran Pikap Daihatsu di Wilayah IBT

batikbagoes.com Ternate, Maluku Utara – Tulus Pambudi, Area Manager PT Astra International Tbk. Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Indonesia Bagian Timur (IBT), mengungkapkan bahwa penjualan mobil Daihatsu di wilayah IBT didominasi oleh model pikap. Pernyataan ini disampaikan dalam rangka kegiatan Terios 7 Wonders eksplorasi Ternate-Halmahera.

“Secara kontribusi, model yang paling laku adalah pikap. Penjualan rata-rata kami mencapai angka 2100-an, dan 50 persennya adalah pikap,” terang Tulus di Jikomalamo, Ternate, pada Kamis (18/1/2024).

Wilayah IBT Raih Kontribusi Tinggi dalam Penjualan Nasional

Wilayah IBT, yang meliputi Sulawesi, Maluku, Ambon, hingga Jayapura, memiliki kontribusi signifikan dalam penjualan mobil nasional. Dengan total penjualan antara 6.500 hingga 7.000 unit per bulan secara nasional, Daihatsu berhasil menguasai 27 persen pangsa pasar di wilayah tersebut.

Lebih lanjut, Tulus menyampaikan bahwa model kedua yang memberikan kontribusi tertinggi dalam penjualan Daihatsu di IBT adalah Sigra, dengan persentase sebesar 34 persen.

Alasan Kesuksesan Model LCGC di Wilayah IBT

Tulus menjelaskan mengapa model low cost green car (LCGC) lebih diminati di wilayah IBT, terutama dalam segmen kendaraan penumpang. Salah satu faktor utama adalah harga yang terjangkau.

“Di IBT, kebutuhan akan mobil murah dengan kapasitas penumpang 7 orang sangat penting. Sigra memenuhi kebutuhan tersebut, baik untuk angkutan online maupun kebutuhan keluarga, dengan biaya perawatan yang terjangkau,” kata Tulus.

Transmisi Manual Mendominasi Pilihan Konsumen

Terkait preferensi transmisi, Tulus menyebutkan bahwa model dengan sistem transmisi manual menjadi varian yang lebih banyak dipilih. Hal ini sesuai dengan kondisi demografi di wilayah IBT yang cenderung memiliki medan berat, seperti kontur jalan naik-turun dan medan off-road.

“Secara umum di IBT, transmisi manual masih mendominasi sekitar 85 persen. Varian yang banyak diminati adalah yang menggunakan transmisi R, tipe tertinggi. Sedangkan transmisi otomatis masih kurang diminati karena lebih difokuskan di kota-kota,” tutup Tulus.

Dengan dominasi pikap Daihatsu dan preferensi transmisi manual di wilayah IBT, perusahaan terus memahami dan merespons kebutuhan pasar, menciptakan strategi yang sesuai dengan karakteristik konsumen di daerah ini.

READ  Hyundai Rilis Mobil Listrik Terbaru dengan Baterai Lokal