Mahfud Md: Indonesia Berhak Mengusir Pengungsi Rohingya, Namun…

News471 Dilihat

Menanggapi Masuknya Pengungsi Rohingya, Mahfud Md Bicara Hukum dan Kemanusiaan

batikbagoes.com  Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam), Mahfud Md, menyampaikan bahwa pemerintah Indonesia memiliki hak untuk mengusir para pengungsi Rohingya yang terus memasuki wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Hal ini disebabkan oleh ketidakterlibatan Indonesia dalam penandatanganan ratifikasi UNHCR (United Nations High Commissioner for Refugees).

Mahfud Md: Hak Indonesia dalam Mengusir Pengungsi Rohingya

Namun, Mahfud menekankan bahwa meskipun Indonesia memiliki hak untuk mengusir mereka, kebijakan tersebut tidak dilakukan saat ini. Hal ini disebabkan oleh prinsip kemanusiaan yang dijunjung tinggi oleh konstitusi Indonesia, serta penerapan prinsip diplomasi kemanusiaan. Sebaliknya, pemerintah Indonesia memilih untuk menampung pengungsi Rohingya yang masuk.

Konvensi PBB dan Permasalahan Lokal

Menurut Mahfud, berdasarkan konvensi PBB, negara-negara yang menandatangani UNHCR seharusnya yang memberikan perlindungan kepada pengungsi. Namun, dengan membuka ruang penampungan, Mahfud mengakui adanya permasalahan di wilayah yang banyak didatangi oleh para pengungsi, seperti Aceh, Sumatera Utara, dan Riau.

Rapat Forkopimda untuk Menentukan Lokasi Penampungan

Masyarakat lokal di wilayah tersebut telah mulai mengkritisi kedatangan pengungsi, menyuarakan ketidakpuasan terkait dampak sosial dan ekonomi. Mahfud menyampaikan bahwa pemerintah pusat telah meminta pemerintah daerah yang menjadi tujuan utama pengungsi Rohingya untuk menggelar rapat Forkopimda. Rapat ini diharapkan dapat menentukan lokasi penampungan sementara dengan melibatkan berbagai pihak terkait.

READ  BAZNAS RI Berkomitmen Tingkatkan Bantuan untuk Palestina dengan Target Capai Rp250 Miliar