,

Letak Astronomis Indonesia

letak astronomis indonesia

letak astronomis indonesia – Anda tentu sudah tidak asing dengan istilah astronomis? istilah ini biasa dipakai unyuk menyaksikan suatu tempat lewat garis lintang dan garis bujur. Garis lintang merupakan garis imajiner yang dibikin oleh para ilmuan untuk memetakan lokasi dunia dalam bagian sementara dengan cara membentang mengelilingi bumi secara horizontal. Sedangkan garis bujur merupakan garis imajiner yang dibikin oleh ilmuan dalam arah membujur, yaitu secara vertical.

Baik garis lintang maupun garis bujur masih dibagi lagu menjadi dua, yaitu lintang utara dan lintang selatan. Kemudian garis bujur masih ada bujur barat dan bujur timur. Di pada garis lintang utara dengan lintang selatan di batasi oleh garis ekuator, yang mana di kenal pula dengan garis khatuistiwa. Sedangkan garis bujur barat dan garis bujur timur di batasi oleh Greenwich Mean Time (GMT)

Garis lintang inilah yang menghubungkan pada kutub utara dan kutub selatan dengan manfaatkan garis khayal. Sedangkan garis bujur mengelilingi bumi berasal dari timur ke barat, kemudian kembali ke timur kembali (melingkar). Adanya garis bujur inilah yang mempunyai kepercayaan bahwa bumi itu bulat, supaya di mana pun kamu berlayar, tentu akan menemukan cara untuk kembali.

Dimanakah Letak Astronomis Indonesia?

Jika di menyaksikan berasal dari atas luar angkasa, maka bentuk bumi bulat yang sedikit cenderung ke satu arah. Gambarannya layaknya orang rukuk yang menghadap matahari. Karena lokasi Indonesia berada di segi timur, maka benar-benar kerap dan mudah terkena sinar matahari selama tahun, dikarenakan cuaca iklim di indonesia yang berganti terhadap kurun sementara tertentu.

Astronomis Indonesia terdapat terhadap 6⁰ lintang utara – 11⁰ lintang selatan dan di pada 95⁰ bujur timur dan 141⁰ bujur timur. Indonesia merupakan keliru satu lokasi yang di lewati garis ekuator. Yakni berada di dalam lintang 0⁰. Jika di menyaksikan di globe, maka posisi Negara Indonesia berada di lokasi belahan bumi timur. Daerah ini benar-benar kerap terkena sinar matahari secara langsung, supaya Indonesia cenderung punya iklim tropis

Dengan terdapatnya iklim tropis memicu musim di Indonesia menjadi 2, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Negara yang punya iklim tropis ini mempunyai berkah tersendiri, yaitu di limpahi dengan kekayaan alam yang luar biasa indahnya serta flora dan fauna yang beraneka ragam. Adanya kelembapan hawa yang seimbang memicu suasana tanah menjadi subur.

Letak astronomis benar-benar mengimbuhkan dampak di tiap tiap bidang pekerjaan. Misalnya terhadap penerbangan pesawat, perihal ini benar-benar mutlak untuk pilih lokasi penerbangan di hawa yang dapat terdeteksi lewat letak astronomis.

Berikut adalah dampak berasal dari letak astronomis Indonesia :

1. Pembagian tempat waktu

Selain itu letak astronomis terhitung digunakan untuk membagi lokasi dalam perbedaan waktu. Di Indonesia terbagi menjadi 3 perbedaan waktu, yaitu sementara Indonesia anggota timur (WIT), sementara Indonesia anggota sedang (WITA), dan sementara Indonesia anggota barat (WIB). Setiap lokasi Indonesia pada anggota barat dengan sedang mengalami pergeseran garis lintang 15⁰. Begitu pula dengan lokasi sedang dengan timur terhitung punya pergeseran lokasi 15⁰.

Sebanyak 15⁰ selanjutnya kalau dikalkulasikan dan dihitung, ternyata mengalami perbedaan jam selama 1 jam. Sehingga pada sementara barat dengan tengah, punya beda sementara 1 jam. Misalnya di anggota barat sudah menunjukan pukul 7, maka anggota sedang menyatakan selisih satu jam yaitu pukul 8. Perbedaan ini terhitung sama berlaku pada anggota sedang dengan anggota timur.

2. Iklim tropis di lokasi timur

Indonesia terhitung keliru satu lokasi beriklim tropis. Dimana terkandung bagian 2 musim yang berbeda, yaitu musim kemarau dan musim hujan. Dengan suasana lokasi Indonesia di anggota timur, memperoleh sinar matahari selama tahun, tetapi tidak berada pas di bawah matahari. Sehingga cuacanya dan penyinaran matahari punya keseimbangan bagi kehidupan manusia, hewan dan tumbuhan. Hal inilah yang memicu terdapatnya beraneka ragam hewan dan tumbuhan yang dapat hidup dan berkembang biak.

Indonesia terhitung merupakan lokasi yang berada salah satu peralihan asia dan Australia. Hal ini yang memicu fauna di Indonesia ada yang berjenis Asia dan Australia. Selain itu terhitung ada pencampuran pada Asia dan Australia. Indonesia terhitung punya letak geografis yang berbeda dengan letak astronomis. Letak geografis di Indonesia yang di batasi dengan beraneka suasana alam dan negara yang berbeda.

Berdasarkan dengan letak geografisnya, kepulauan Indonesia di batasi dengan Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. kala kita menyaksikan globe atau menyaksikan berasal dari luar angkasa, teritorial Indonesia berada dalam posisi silang. Sedangkan kepulauan Indonesia terdapat di pada benua Asia dengan benua Australia. Dengan letak yang di nilai lumayan strategis ini memicu Indonesia menjadi tempat ramai dalam perdagangan dunia. Pasalnya negara-negara yang melewati jalan laut, berasal dari Eropa atau Asia Barat yang hendak ke Australia kudu melewati atau transit di Indonesia.

Letak geologis Indonesia terhitung lumayan strategis, yaitu berada dalam pertemuan dua jalan pegunungan muda yang ada di dunia. Pegunungan yang ada di jalan barat ada Pegunungan Mediterania, namun pegunungan di jalan timur ada Pegunungan Sirkum Pasifik. Akibat terdapatnya dua jalan pegunungan muda inilah, memicu Indonesia menjadi lokasi yang punya banyak gunung berapi yang masih aktif serta gunung tertinggi di Indonesia. Sehingga negara Indonesia terhitung menjadi negara yang paling rawan berlangsung gempa bumi, layaknya gempa bumi vulkanik yang kerap terjadi.

Letak geografis terhitung mengimbuhkan dampak bagi makhluk hidup yang hidup di permukaan bumi, Letak geografis yang dapat pilih pergantian musim terhadap kurun sementara tertentu mengimbuhkan dampak bagi makhluk hidup yang terkait terhadap iklim dan musim tertentu.

Berikut adalah dampak letak geografis di Indonesia :

1. Berpengaruh dengan pergantian musim di Indonesia

Dengan terdapatnya letak geografis Indonesia yang strategis memicu pergantian 2 musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Hal ini di memicu terdapatnya angin muson. Pergerakannya yang berlangsung selama 6 bulan sekali yang memicu pergantian musim kemarau dan musim penghujan.

Angin muson yang ada di Indonesia terbagi menjadi 2 yaitu :

Angin muson barat yang berlangsung terhadap bulan Oktober sampai bulan April. Ketika sementara itu di lokasi anggota utara punya tekanan hawa yang tinggi berasal dari terhadap di tempat selatan. Sehingga mempunyai musim penghujan sementara melewati Indonesia
Angin muson timur yang bertiupdi bulan April sampai bulan Oktober. Berkebalikan dengan angin muson barat, angin yang bertiup di bumi anggota selatan punya tekanan hawa lebih tinggi. Sehingga mempunyai musim panas yang melewati Indonesia.

2. Kelembaban hawa yang tinggi

Adanya perbedaan angin muson ini yang memicu cuaca dan kelembapan hawa yang tinggi. Kelembaban hawa yang tinggi ini memicu suhu yang ada di Indonesia di nilai lumayan stabil, tidak benar-benar panas sementara musim kemarau dan tidak benar-benar dingin sementara musim dingin.

Itulah penjelasan singkat berkenaan suasana astronomis dan geografis Indonesia. Semoga penjelasan ini dapat berguna dan mengimbuhkan dampak baik bagi si pembaca.