Jokowi: Petani Bisa Beli Pupuk Subsidi dengan KTP Tanpa Kartu Tani

Finance413 Dilihat

Presiden Joko Widodo Memastikan Kemudahan Akses Petani ke Pupuk Subsidi

batikbagoes.com Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan petani, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan bahwa petani sekarang dapat membeli pupuk subsidi tanpa harus menggunakan Kartu Tani. Langkah ini diumumkan oleh Jokowi saat beliau melakukan penanaman padi bersama petani di Banyumas pada Rabu (3/1/2024), yang disiarkan secara virtual.

“Kemarin saya sudah sampaikan, saat ini pembelian pupuk sudah tak mesti pakai Kartu Tani. Semua bisa pakai KTP,” tegas Jokowi, menekankan kemudahan akses bagi petani dalam mendapatkan pupuk subsidi.

Anggaran Subsidi Pupuk Naik Menjadi Rp 14 Triliun

Selain mempermudah akses, pemerintah juga telah meningkatkan anggaran subsidi pupuk menjadi Rp 14 triliun untuk tahun ini. Presiden Jokowi telah menugaskan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Pertanian Amran Sulaiman untuk menyusun anggaran tambahan tersebut. Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan ketersediaan pupuk subsidi di pasar.

Dengan langkah-langkah ini, diharapkan petani akan lebih mudah mendapatkan pupuk subsidi yang dibutuhkan untuk meningkatkan hasil pertanian mereka. Peningkatan anggaran juga diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pupuk subsidi yang lebih besar di tingkat nasional. Langkah ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mendukung sektor pertanian dan kesejahteraan petani di Indonesia.

READ  Terkuak! Biang Kerok Harga Cabai Meningkat Jelang Tahun Baru