GIMS Qatar 2023: Pameran Otomotif dengan Mobil-Mobil Klasik Sultan

Automotif398 Dilihat

batikbagoes.com Pameran Geneva International Motor Show (GIMS) 2023 telah tiba di Qatar dan menjadi sorotan industri otomotif global. Pameran otomotif terkemuka di dunia ini kali ini menghadirkan kemegahan dan inovasi mobil-mobil, meskipun dilangsungkan di luar lokasi tradisionalnya di Geneva, Swiss.

Sejak pertama kali digelar pada tahun 1905, GIMS telah dikenal sebagai platform unggulan untuk memamerkan mobil eksotis, peluncuran model-model baru, dan desain-desain inovatif setiap tahun. Terutama, acara ini selalu menjadi sorotan bagi produsen mobil Eropa terkemuka.

 

Pameran Otomotif Bergengsi di Tanah Timur Tengah

Alasan pemilihan Qatar sebagai tuan rumah GIMS tidak terlepas dari pertumbuhan pesat pasar otomotif di kawasan Timur Tengah. Negara-negara kaya minyak di wilayah ini memainkan peran penting dalam menyerap produksi mobil baru dari seluruh dunia. Maka, keputusan menggelar event sekelas Geneva Motor Show di Timur Tengah tampak sangat sesuai.

Namun, GIMS Qatar 2023 tidak hanya menghadirkan mobil-mobil baru sebagai daya tarik utama. Sebuah zona pameran khusus yang diberi nama “Booth Classic Gallery” menampilkan koleksi kendaraan klasik dan langka yang pasti memukau para pengunjung. Bahkan yang lebih menarik, sebagian besar koleksi langka ini adalah milik para sultan.

Salah satu contohnya adalah Rolls-Royce Phantom V 7-Passenger Enclosed Limousine buatan tahun 1962, yang merupakan salah satu mobil unik dari koleksi Sultan Qatar, H.H. Ahmad Bin Ali Al Thani. Mobil ini pernah dipajang di Geneva International Motor Show pada tahun 1962 dan kemudian dibeli oleh Sultan Ahmad.

Mobil mewah lainnya yang tidak kalah langka adalah Rolls-Royce Phantom VI 7-Passenger Enclosed Limousine tahun 1979, yang pernah digunakan oleh Ratu Elizabeth II dan Raja Charles III.

Lincoln Continental 4-door Convertible ‘Popemobile’ 1964 juga menjadi salah satu daya tarik dalam pameran. Kendaraan ini pernah digunakan oleh Paus VI saat mengunjungi India untuk menghadiri International Eucharistic Congress pada tahun 1964.

Salah satu kendaraan mewah lainnya adalah Bentley Mark VI 4-light Touring Saloon, yang dibuat khusus untuk Maharaja of Mysore. Kendaraan ini menjadi unik karena pada awalnya dipesan dengan beberapa aksesori eksklusif dan desain yang kuat. Setelah tidak digunakan lagi oleh sang maharaja, mobil ini direstorasi oleh pabrikan. Mysore, atau Mysuru, adalah kota di Negara Bagian Karnataka di India Barat Daya dan pernah menjadi ibu kota kerajaan dari tahun 1399 hingga 1947.

GIMS Qatar: Membawa Pesona Geneva ke Timur Tengah

Pada akhir tahun 2021, Kementerian Pariwisata Qatar menjalin kerjasama dengan penyelenggara GIMS untuk menggelar Geneva International Motor Show Qatar (GIMS Qatar) setiap dua tahun selama satu dekade. Acara ini resmi dimulai pada 5 Oktober 2023 dan akan berlangsung hingga 14 Oktober 2023.

Tentu saja, Geneva Motor Show akan tetap berlangsung di lokasi tradisionalnya dan diadakan setiap tahun. Namun, GIMS Qatar memberikan sentuhan yang unik dengan menyelenggarakannya bersamaan dengan balapan F1 Qatar Grand Prix. Pihak penyelenggara bahkan memberikan tiket VIP gratis kepada puluhan penonton untuk menyaksikan balapan F1 di Sirkuit Lusail.

GIMS Qatar 2023 juga memperlihatkan lebih dari 10 debut global dan 20 debut regional di Doha Exhibition and Convention Centre (DECC). Lebih dari 31 merek otomotif terkenal, termasuk Toyota, Lexus, Porsche, VW, Lamborghini, BMW, Chery, McLaren, Mercedes-Benz, Maserati, dan lain-lain, turut serta dalam pameran ini.

READ  Pilihan Karpet Premium untuk Mobil Listrik

Salah satu momen menarik adalah debut jagat merek Cina Chery dengan model Tiggo dan Arrizo. Ada dua merek Cina lainnya, Jaecoo dan Omoda, yang juga meluncurkan debut global mereka. Audi dari Eropa memperkenalkan Audi Q8, sementara produsen otomotif Jepang, Toyota, memperkenalkan Land Cruiser 10th Victory. Merek seperti Kia, Mercedes-Benz, MINI, Porsche, Vinfast, dan VW juga menampilkan debut regional yang memukau.