Eks Pejabat Bea Cukai Mengaku Dijadikan Tersangka Korupsi Setelah Ungkap Kasus Importasi Emas

News413 Dilihat

Eko Darmanto Klaim Dijatuhkan Kasus oleh KPK Akibat Ungkap Praktik Korupsi di Bea Cukai

batikbagoes.com Eko Darmanto, mantan Kepala Bea dan Cukai Yogyakarta, secara terbuka menyatakan bahwa dirinya menjadi tersangka dalam kasus korupsi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai dampak dari pengungkapannya terhadap beberapa kasus besar di Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Eko menegaskan bahwa tidak ada tindakan ‘flexing’ atau pamer harta yang pernah ia lakukan di media sosial, yang kemudian berujung pada pemeriksaan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dan temuan penerimaan gratifikasi.

Tuduhan Akun Palsu dan Upaya Intimidasi

Eko Darmanto mengklaim bahwa hasil digital forensik menunjukkan bahwa akun media sosial yang menjadi dasar tuduhan terhadapnya adalah akun palsu yang sengaja dibuat oleh pihak internal institusinya. Hal ini menunjukkan adanya upaya untuk menjatuhkannya dan mengintimidasi.

Pengungkapan Kasus di Bea Cukai

Meskipun menghadapi kasus hukum, Eko berpegang pada keyakinannya bahwa dirinya menjadi target karena telah mengungkap praktik culas di Ditjen Bea Cukai. Sebelumnya, pengungkapannya telah menjerat sembilan orang dan membawa mereka ke penjara. Eko mengungkap bahwa pihak Kejaksaan Agung (Kejagung) telah meminta bantuannya untuk menyelidiki berbagai kasus di Bea Cukai, termasuk dugaan korupsi terkait impor emas yang sedang diusut oleh tim Satgas Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) di bawah Mahfud MD.

READ  Surya Paloh Temui Presiden Jokowi di Istana Malam Ini