Cara Merawat Sepatu Kulit yang Benar

Tips & Trick412 Dilihat

batikbagoes.com Sepatu merupakan bagian penting dari penampilan sehari-hari kita. Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana merawat sepatu kulit dengan benar agar tetap awet dan menunjang penampilan Anda. Baik sepatu kanvas maupun sepatu kulit, perawatannya memerlukan perhatian khusus sesuai dengan jenisnya.

Merawat Sepatu Kulit

Merawat sepatu kulit bukan hanya tentang membersihkannya; juga melibatkan cara Anda menggunakannya. Kesalahan dalam pemakaian sepatu kulit dapat menyebabkan kerusakan yang tidak diinginkan dan penurunan penampilan.

Cara Mencuci Sepatu Kulit yang Benar

  1. Lepas dan Cuci Tali Sepatu secara Terpisah Sebelum Anda mulai membersihkan sepatu, pastikan untuk melepas tali sepatu. Ini akan mencegah tali dari kotoran dan cairan pembersih yang dapat merusaknya. Tali sepatu dapat dicuci dengan merendamnya dalam air sabun, kemudian membersihkannya seperti biasa.
  2. Bersihkan Kotoran Kering Mulailah membersihkan sepatu kulit dengan membersihkan kotoran kering yang ada. Anda bisa menggunakan sikat dengan bulu halus. Untuk sepatu berbahan dasar suede, gunakan sikat atau alat pembersih khusus untuk suede. Untuk sepatu kulit halus, cukup lap dengan kain lembut.
  3. Bersihkan Sepatu dengan Menyeka Membersihkan sepatu kulit melibatkan penggunaan air. Namun, mencuci sepatu kulit tidak sama dengan mencuci pakaian. Gunakan air hangat, kain lap lembut, dan sabun cair. Basahi kain lap dengan air hangat, peras, lalu gosok perlahan dengan sabun. Jangan mencelupkan sepatu sepenuhnya ke dalam air.
  4. Keringkan Sepatu dengan Benar Setelah mencuci, pastikan sepatu kering secara alami di tempat yang sejuk dan tidak terkena sinar matahari langsung. Hindari meletakkan sepatu dekat pemanas atau perangkat panas lainnya karena bisa merusak warna dan tekstur kulit.
  5. Gunakan Kondisioner Sepatu kulit perlu diberi kondisioner setelah sepenuhnya kering. Kondisioner digunakan untuk merawat, melembutkan, menguatkan, dan menjaga kelenturan kulit. Gunakan kain lap atau sikat khusus untuk mengaplikasikan kondisioner, lalu gosok hingga merata ke seluruh permukaan. Tunggu selama 30 menit agar kondisioner meresap.

Tips untuk Menjaga Keawetan Sepatu Kulit

  1. Tidak Gunakan Setiap Hari Sepatu kulit tidak seharusnya digunakan setiap hari. Berikan sepatu istirahat untuk menghilangkan kelembapan yang dapat mengakibatkan masalah seperti jamur.
  2. Hindari Air Hindari air sebisa mungkin. Meskipun sulit menghindari hujan di iklim tropis, Anda bisa mencoba menggunakan sepatu yang lebih tahan air atau melepas sepatu kulit saat cuaca buruk. Jika basah, keringkan sepatu secepat mungkin.
  3. Gunakan Shoehorn Gunakan shoehorn saat memasang sepatu untuk menghindari merusak bagian belakang sepatu kulit. Hindari menginjak bagian belakang sepatu saat memakainya.
  4. Pengganjal Sepatu Gunakan shoe tree atau pengganjal sepatu untuk menjaga bentuk sepatu saat tidak digunakan. Ini juga membantu menghilangkan bau dan menjaga kelembapan dalam sepatu kulit.

Dengan merawat sepatu kulit Anda dengan benar, Anda dapat memastikan bahwa investasi Anda dalam sepatu kulit tetap awet dan menunjang penampilan Anda.

READ  Cara Mencerahkan Kulit Secara Alami: Tips dan Bahan-Bahan Alami