,

Bagaimana Cara Mempercepat Jaringan Wifi

cara mempercepat jaringan wifi

Kebutuhan akan internet menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan di jaman sekarang ini. Berbagai kegiatan mulai dari pekerjaan, berkomunikasi, berbelanja, hingga hiburan seperti nonton film dan bermain game saat ini sebagian besar sudah memerlukan adanya internet. Kebutuhan internet yang sangat tinggi ini membuat layanan internet dengan sistem kuota menjadi sering membengkak.

Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan menggunakan wifi. Bagi Anda pengguna WiFi yang aktif, tentu pernah sesekali mengalami kelambatan koneksi internet dari WiFi, bukan? Atau pernah mengalami WiFi lemot di Android padahal isyarat penuh? Nah, kecuali Anda adalah seseorang yang pernah mengalami perihal berikut maka jangan langsung menyalahkan provider-nya, ya!

Pasalnya, tersedia bisa saja router WiFi Anda yang bermasalah. Namun, tidak menutup bisa saja juga provider penyedia layanan WiFi tengah bermasalah.

Untuk itu, kami berikan beberapa cara mempercepat jaringan wifi yang bisa Anda coba sebelum menghubungi provider-nya.

Cara Mempercepat Jaringan Wifi Windows 10

Sejak jaringan internet jadi dikenal melalui WiFi. Banyak tempat-tempat hotsopt yang bertebaran di mana-mana. Baik di restoran, kafe, perpustakaan, apalagi hotel pun beberapa besar telah memasang jaringan Wifi sebagai salah satu fasilitas tambahan untuk pengunjung. Namun, bagaimana jikalau kita mengfungsikan jaringan Wifi tapi koneksinya terlalu lambat? Tentu saja hal berikut memicu kita kesal. Untuk itu, untuk dapat mempercepat koneksi Wifi, ikutlah langkah-langkah cara mempercepat jaringan wifi windows 10.

  1. Lakukan network reset dan flushing DNS

Cara yang pertama adalah dengan melakukan network rest dan flushing DNS. Cara ini ditunaikan dengan mereset bagian cache pada bagian DNS client atau bagian computer yang tengah digunakan untuk menyamakan beragam informasi. Hal berikut bakal tersedia perubahan yang biasanya terjadi pada bagian domain, server, dan termasuk DNS. Hal ini dapat ditunaikan untuk memperbaiki koneksi internet yang bermasalah.

  1. Mematikan Autotuning

 Di didalam Windows 10, terdapat sebuah fitur yang hanya tersedia di didalam sistem operasi tersebut. Fitur berikut bernama Windows Autotuning. Fungsi Windows Autotuning ini adalah menaikan performa beberapa program untuk dapat menangkap knowledge yang berasal berasal dari TCP. Fitur Windows Autotuning ini sendiri pada dasarnya telah dapat diaktifkan secara default. Selain itu, fitur ini termasuk bakal otomatis melakukan pembaharuan ketika computer atau laptop terhubung dengan internet.

Untuk dapat mematikannya lumayan mudah. Pertama-tama bukalah CMD atau command prompt. Setelah program CMD telah terbuka, cara seterusnya adalah ketikan saja “netsh interface tcp show global”. Jika sudah, tekan saja enter. Nantinya aka nampak TCP Global Parameters. Lihatlah pada “Receive Window Auto-Tuning Level”. Jika nampak dengan standing normal atau enable, maka anda ketiklah “netsh int tcp set globa autotuninglevel=disabled” dan enter. Jika berhasil, maka bakal nampak keterangan OK yang pertanda sistem mematikan autotuning dimatikan.

  1. Atur batasan bandwith

Cara seterusnya adalah dengan mengatur batasan bandwith internet  di didalam computer atau laptop. Pada umumnya, Windows Mengenakan lebih kurang 20 prosen berasal dari bandwith internet yang digunakan untuk bagian sistem operasi. Sedangkan sisanya untuk kepentingan anda untuk berselancar di dunia maya.

Untuk dapat memaksimalkan bandwith menjadi seratus persen, maka hal yang pertama ditunaikan adalah dengan masuk ke bagian computer configuration. Untuk dapat masuk ke didalam computer configuration, caranya adalah buka program “Run” dan ketik “gpedit.msc” lantas enter. Setelah itu, anda bakal mendapatkan computer configuration, klik saja. setelah masuk, anda cari “Administrative Templates” dan masuklah. Setelah itu, memilih “network” lantas “Qos Packet”. Jika sudah, cari bagian “limit reservable bandwith” dan klik. Setelah itu anda klik “Enabled” dan ubahlah angka pada “bandwidth limit” berasal dari 80 menjadi 0. Jika sudah, kilik apply dan pengaturannya telah disimpan.

  1. Matikan update otomatis

Pada Windows 10, fitur update otomatis telah terpasang default pada computer maupun laptop. fitur update otomatis ini pada dasarnya miliki fungsi yang baik untuk selalu memperbaharui sistem yang tersedia di didalam computer maupun laptop. terlebih didalam menangkal virus-virus yang dapat mengancam sistem. Akan tetapi, update otomatis pun sering kadang dapat menjadi penghambat kita kala mengfungsikan jaringan internet.

Oleh dikarenakan itu, untuk dapat menonaktfkan update otomatis ini, masuklah ke bagian control panel. Setelah masuk ke didalam control panel, ketik saja di kotak “search” dengan kata kunci “Administrative Tools”. Setelah muncul, tinggal anda klik. Setelah berhasil diklik, temukanlah “Service” lantas klik. Setelah itu, carilah “Windows update”. Jika berhasil menemukannya, klik sebanyak dua kali. Nantinya anda bakal diarahkan ke bagian “Windows Update Properties”. Lihatlah “service status: running” kliklah tombol “Stop”. Dengan begitu, computer atau laptop bakal menghentikan update otomatis. Langakh terakhir adalah dengan melakukan restart pada laptop maupun komputer.

Cara Mempercepat Jaringan Wifi Windows 7

Windows 7 dirancang dengan fitur miliki nilai sebagai cara mempercepat koneksi internet dan jaringan. Ini merupakan sebagian pengaturan tersembunyi terhadap windows 7, bisa disebut juga tweaking, yang tidak dimiliki terhadap windows XP, oleh karena itu terhadap biasanya pengguna bakal merasakan lebih cepat disaat browsing internet kala gunakan windows 7.

Pengaturan Tersembunyi juga diaplikasikan oleh banyak software untuk optimasi kecepatan internet, di mana biasanya pengguna tidak mengetahuinya. Simak pengaturan terhadap windows 7 untuk mengoptimalkan kecepatan internet tersebut ini dan bisa dijadikan bahan untuk percobaan atau sebagai pengetahuan.

Klick Start (icon windows 7 disebelah kiri paling bawah), ketikan terhadap kotak pencarian “cmd” (tanpa sinyal kutip). Klik kanan terhadap cmd (hasil yang ada diatas) lantas menentukan “Run as administrator” untuk masuk ke fitur command prompt, lantas ketik.

netsh int tcp show global

Tekan “Enter” untuk menyaksikan hasil pengaturan yang terdapat terhadap komputer. Perhatikan atau catat pengaturan ini atau bisa di print screen, lantas simpan (save) di mana saja terhadap file sebagai pengaturan asli. Berikut adalah cara mempercepat jaringan wifi windows 7:

  1. Chimney Offload State

Ini berlaku untuk mentransfer bermacam tugas pengolahan koneksi jaringan berasal dari CPU komputer ke adaptor jaringan, pengaturan ini bisa membiarkan kala processor yang miliki nilai untuk hal-hal lainnya. Secara teori Windows perlu mengaktifkan fitur ini alias “automatic” disaat mendeteksi bahwa perangkat keras (hardware) bisa mengatasinya.

Untuk merubahnya, ketik saja:

netsh int tcp set global chimney=enabled

atau

netsh int tcp set global chimney=disabled

Kemudian Restart komputer setiap memengaruhi settingan , berlaku juga untuk seluruh pengaturan lainnya dibawah.

  1. NetDMA State

NetDMA tidak didukung terhadap Windows 8, tapi Windows 7 menunjang NetDMA, sebuah teknologi yang amat mungkin adapter jaringan untuk mentransfer information secara langsung ke aplikasi, tanpa perlu pemberian berasal dari CPU. Pengaturan ini sebaiknya “enabled”.

Untuk memengaruhi pengaturan, bisa diketik:

netsh int tcp set global netdma=enabled

atau

netsh int tcp set global netdma=disabled

Kemudian Restart komputer setiap memengaruhi settingan.

  1. Direct Cache Access

Direct cache access (DCA) menyediakan mekanisme untuk NetDMA (tidak didukung terhadap Windows 8), Fitur ini mengatur information tujuan ditargetkan untuk cache CPU. Windows 7 menunjang teknologi ini, yang kurangi overhead sistem dengan amat mungkin pengendali jaringan untuk mentransfer information secara langsung ke dalam cache CPU.

Pengaturan ini memengaruhi controller, chipset dan processor, sehingga spesifikasi hardware perlu menunjang juga sehingga bisa bekerja, secara default ini dimatikan tapi bisa dihidupkan kecuali hardware mumpuni.

Untuk memengaruhi pengaturan, bisa di ketik:

netsh int tcp set global dca=enabled

atau

netsh int tcp set global dca=disabled

Kemudian Restart komputer setiap memengaruhi settingan.

  1. Receive Window Auto-Tuning Level

Network tuning digunakan untuk konfigurasi secara manual layaknya TCP Receive Window (RWIN), yang membatasi kuantitas information komputer. Windows 7 menunjang auto-tuning, di mana sistem bakal secara otomatis merubah RWIN sesuai dengan situasi jaringan, dan secara vital bisa menaikkan kinerja, tapi pengaturan bisa disesuaikan.

Untuk memengaruhi pengaturan, bisa di ketik:

netsh int tcp set global autotuninglevel=enabled

atau

netsh int tcp set global autotuninglevel=restricted

atau

netsh int tcp set global autotuninglevel=highlyrestricted

atau

netsh int tcp set global autotuninglevel=disabled

Kemudian Restart komputer setiap memengaruhi settingan.

  1. Add-On Congestion Control Provider

Koneksi jaringan yang tertata bakal mengirimkan information dalam blok kecil terhadap awalnya, secara bertahap untuk jauhi traffic tinggi jaringan. Merampingkan ukuran TCP windows bisa jauh lebih agresif, sehingga amat mungkin untuk menaikkan kinerja.

Untuk memengaruhi pengaturan, bisa di ketik:

netsh int tcp set global congestionprovider=ctcp

atau

netsh int tcp set global congestionprovider=none

Kemudian Restart komputer setiap memengaruhi settingan.

  1. ECN Capability

Explicit Congestion Notification (ECN) menyediakan cara terhadap router untuk lantas lintas sinyal jaringan tanpa kehilangan paket data. Apakah itu bakal menaikkan kinerja atau tidak terkait terhadap banyak aspek yang berbeda, juga apakah router mendukungnya, sebaiknya ga usah dirubah.

Tapi kecuali menginginkan memengaruhi pengaturan, bisa di ketik:

netsh int tcp set global ecncapability=enabled

atau

netsh int tcp set global ecncapability=disabled

Kemudian Restart komputer setiap memengaruhi settingan.

  1. Pengetesan Windows 7

Ada banyak pilihan untuk pengaturan diatas, tapi hati-hati dengan memicu catatan pengaturan awal sebelum memengaruhi apa pun.

Jika pengaturan dirubah, lantas bisa ditest kecepatan internet secara online, salah satunya di speedtest.net – ulangi tes sebagian kali, mencermati biasanya dan jangkauan, sehingga bisa mengimbuhkan hasil terbaik.

Cara Mempercepat Jaringan Wifi Di Laptop

Mengakses internet lewat wifi sementara wifi Anda tengah dalam situasi yang kurang bersahabat dengan sebutan lain lemot? Wah! Anda wajib segera cari solusinya. Karena kecuali tidak, akses internet berasal dari wifi yang ngadat tentu saja bisa menahan kesibukan Anda nantinya.

Lantas, untuk menanggulangi akses wifi yang ngadat, bagaimana solusinya?

Untuk Anda yang bingung cara mempercepat jaringan wifi di laptop, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda coba.

Ubahlah anggota pengaturan QoS

Bagi Anda para pengguna komputer atau laptop yang menggunakan system operasi berbasis windows 8 ke atas, Windows secara default mengalokasikan sebesar 20% bandwidth untuk kebutuhan windows update dan sebesar 80% yang ada untuk internet Anda.

Sehingga keliru satu cara untuk mempercepat jaringan wifi di laptop yang bisa Anda cobalah adalah menyesuaikan penuh lebar berasal dari pita untuk anggota internet Anda.

Mengenai caranya laksanakan tujuan ini sebagai berikut :

  • Pertama – tama klik start, lantas klik run dan ketikkan gpedit.msc (tanpa sinyal kutip)
  • Klik menuju di anggota Local Computer Policy, lantas menentukan di anggota Computer Configuration dan klik Administrative templates.
  • Klik di anggota network lantas menentukan QoS Packet Scheduler.
  • Selanjutnya Anda klik dua kali dengan klik double click di anggota limit reservable bandwidth.
  • Klik juga menu enable dan sesudah itu Anda bisa isi nilai 0 di anggota bandwidth limit.
  • Klik apply kemudian
  • Restart komputernya

Melakukan pengaturan IRPStackSize Lebih Tinggi

Cara percepat koneksi wifi laptop dan komputer yang bisa tingkatkan koneksi wifi seterusnya adalah dengan Anda laksanakan usaha pengaturan pada anggota IRPStackSize. Anda bisa atur di IRPStackSize dengan angka yang condong lebih tinggi. Jika lantas Anda tingkatkan nilai ini, maka Anda bakal memperoleh kecepatan internet yang jauh lebih optimal.

Secara default, nilai berasal dari IRPStackSize Lebih Tinggi adalah 15 padahal nilai ini bisa dilengkapi hingga dengan angka 50. Untuk itu, Anda perlu mengganti pengaturan berikut dengan cara – cara sebagai berikut ini :

  • Pertama – tama Anda klik start lantas menentukan run dan ketikkan regedit (tanpa dilengkapi sinyal kutip). Hal ini ditunaikan di dalam rangka terhubung registry editor.
  • Selanjutnya klik menuju HKEY_LOCAL_MACHINE/SYSTEM/CurrentControl/Services/LanmanServer/Parameters.
  • Pada anggota folder parameter tersebut, klik di anggota kanan file DWORD yang bernama IRPStackSize dan lantas klik modify. Selanjutnya Anda bisa rubah dengan angka 50.
  • Jika lantas file berikut tidak ditemukan, buatlah file DWORD baru dengan cara Anda klik kanan, lantas menentukan new, DWORD Value. Anda seterusnya perlu buat nama IRPStackSize dan Valuenya 50.
  • Klik OK dan lantas tutup registry editor.
  • Restart computer

Cara Mempercepat Jaringan Wifi Dengan CMD

Saat ini pengguna Wifi jadi makin tambah dan di daerah umum yang sering dikunjungi seperti Rumah Sakit, Restoran, Mall, Cafe Kampus, Warnet dan terhitung lainnya tersedia WiFi sehingga kamu mampu manfaatkan Free WiFi bersama smartphone atau laptop bersama mengandalkan hotspot.

Tapi sering kali gara-gara posisi kamu berada terhadap jarak jauh membawa dampak koneksi Wifi internet jadi lemah dan di sini kita bakal membagikan memperkuat isyarat Wifi bersama CMD yang pastinya terlampau mudah untuk dilaksanakan dan terkecuali koneksi Wifi lemah maka kamu bisas manfaatkan langkah selanjutnya ini untuk laptop atau PC kamu.

Cara ini mampu kamu praktekkan terhadap selagi kamu manfaatkan WiFi public yang udah pasti digunakan banyak orang dan bakal menjadikan barangkali besar koneksi wifi lemah. Berbeda bersama modem Mifi sendiri yang cuma mempunyai akses internet bersama pengguna yang minim.

Untuk memperkuat isyarat WiFi maka review langkah-langkah selanjutnya ini.

Kamu mampu memperkuat isyarat wifi bersama manfaatkan software CMD yang udah terbukti ampuh dan work sehingga menjadikan isyarat internet jadi lebih cepat nan akurat. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memperkuat wifi bersama CMD.

Yang Harus Disiapkan Dalam Cara Mempercepat Jaringan Wifi Dengan CMD :

  • PC yang manfaatkan sistem operasi Windows.
  • Terhubung bersama jaringan wifi

Jika Persiapan Sudah Terpenuhi Silahkan Ikuti Cara Mempercepat Koneksi Wifi bersama CMD  :

  • Langkah pertama tekan tombol Ctrl+R terhadap keyboard, lantas tulis CMD
  • Setelah itu kamu cari kode DNS Server dan silahkan kode ini kamu tulis terhadap Notepad atau mampu terhitung bersama menghafalnya bersama langkah mengetik command ipconfig.
  • Ketikkan perintah bersama benar dan kita memberikan contoh ( ping -L 500000 8.8.8.8 -t <– angka 50.000 itu sebuah bandwith yang udah kamu sedot, 8.8.8.8 adalah contoh IP DNS Server.)
  • Kemudian tekan Enter. Dan biarkan sistem ini terjadi sepanjang kamu terkonkesi jaringan wifi, gara-gara tahap ini cuma berpengaruh terhadap selagi CMD digunakan.

Cara Mempercepat Jaringan Wifi Android

Android merupakan sistem operasi untuk smartphone yang kini sudah banyak digunakan di dunia. Menurut Lembaga Riset Digital Marketing (Emarketer), menyatakan bahwa pengguna smartphone di Indonesia pada 2018 menggapai 100 juta orang. Sehingga Indonesia jadi negara pengguna aktif smartphone terbesar ke empat di dunia.

Meskipun demikian, jaringan Wifi di Indonesia tetap kerap lambat. Untuk mengatasi jaringan Wifi ini, bisa dilakukan dengan beragam macam cara mempercepat jaringan wifi android, di antaranya sebagai berikut:

  1. Memeriksa Antena Router

Cara mempercepat jaringan Wifi yang pertama ialah memeriksa antena router. Secara umum, router Wifi punya dua antena yang berada di belakang. Hal ini bisa Anda gunakan untuk mempercepat jaringan Wifi dengan langkah mengubah arah berasal dari salah satu antena ke arah lainnya.

  1. Mengubah Posisi Router Wifi

Cara mempercepat jaringan wifi selanjutnya ialah mengubah posisi router Wifi. Beberapa langkah yang bisa dilakukan ialah meletakkan router di daerah yang terbuka. Hal ini berfaedah untuk memaksimalkan penyebaran sinyal yang tersedia di didalam ruangan.

Selain itu, Anda juga bisa menjauhkan router berasal dari tanah. Hal ini di karenakan material lantai atau tanah kurang baik untuk menyebarkan sinyal Wifi ke semua penjuru ruangan. Dengan menjauhkan router berasal dari tanah ini bisa mempercepat jaringan Wifi.

  1. Mengganti Router

Salah satu penyebab koneksi internet jelek ialah sebab perangkat router yang tidak mendukung. Hal ini bisa mengakibatkan jaringan lambat dan tetap memburuk, supaya mengganti router yang punya kecepatan koneksi tinggi.

Anda bisa membeli dan mengganti dengan spesifikasi router yang memiliki kwalitas dan punya kapabilitas browsing lebih cepat.

  1. Memilih ISP yang Berkualitas

Cara mempercepat jaringan Wifi lainnya yaitu gunakan Internet Service Internet (ISP) berkualitas. Pasalnya, ISP jadi salah satu faktor penyebab jaringan Wifi lambat.

Hal ini bisa Anda atasi dengan langkah gunakan ISP yang belum banyak digunakan, supaya hal ini bisa mengakibatkan jaringan internet bakal jauh lebih cepat.