,

Alun Alun Kidul Solo

alun alun kidul solo

alun alun kidul soloSolo merupakan keliru satu kota di Jawa Tengah yang dikenal sebagai kota budaya. Pada zaman dahulu, Solo masuk didalam wilayah Kerajaan Mataram dan dulu menjadi pusat pemerintahan.
Namun sejak ditandatanganinya Perjanjian Giyanti di tahun 1775, Mataram pun terbagi menjadi dua, yaitu Kasunanan Surakarta dan Kasultanan Yogyakarta.
Selain tradisinya yang tetap lestari, potensi wisata Solo terhitung punya kekuatan tarik tersendiri bagi wisatawan.

Rekomendasi Wisata Alun Alun Kidul Solo

Desatinasi wisata di Solo lumayan beragam, terasa dari wisata alam, histori dan budaya, edukasi, hingga hiburan yang tentu menarik untuk dikunjungi selagi liburan.
Di sini anda sanggup nikmati perjalanan keliling Solo dengan bus bertingkat Werkudoro, anda terhitung sanggup menyusuri Sungai Bengawan Solo yang melegenda dengan perahu kayu.
Di samping ke-2 kesibukan yang mengasyikkan tersebut, anda sanggup mengeksplorasi beberapa tempat wisata di Solo yang bakal kami sebutkan di bawah ini:

 Wisata Sejarah Keraton Kasunanan Surakarta

Keraton Kasunanan Surakarta merupakan keliru satu tempat bersejarah yang didirikan terhadap tahun 1744 oleh Susuhunan Pakubuwono II tepatnya di Desa Sala (Solo) yang selagi itu berwujud pelabuhan kecil di tepi Sungai Bengawan Solo.
Hingga selagi ini kompleks keraton ini tetap berguna sebagai tempat tinggal Raja dan tetap mobilisasi rutinitas kerajaan.
Pada beberapa kompleks keraton terdapat museum yang memuat benda-benda koleksi peninggalan kerajaan, terhitung beraneka hadiah dari raja-raja Eropa dan terhitung replika pusaka keraton, kereta kencana serta gamelan.
Sementara terhadap tengah museum terdapat sebuah sumur yang konon digunakan raja untuk bersemedi.
Bagi anda yang mendambakan mengunjungi mampir kesini diwajibkan untuk mematuhi peraturan yang berlaku, diantaranya adalah tidak boleh mengenakan celana pendek, kacamata hitam, topi, sandal jepit maupun jaket.
Jika anda kebetulan mengenakan celana pendek maka direkomendasikan untuk meminjam kain bawahan selama berwisata ke keraton.
Kamu terhitung tidak boleh merokok selama mengunjungi keraton serta mempunyai makanan ke didalam kompleks keraton.
Keraton Kasunanan Surakarta ini terletak di Jalan Sidikoro, Baluwati, Pasar Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah.
Objek wisata Solo ini membuka tiap-tiap hari Senin-Kamis dengan jam operasional terhadap pukul 09.00-14.00 WIB, selagi terhadap hari Sabtu-Minggu membuka pukul 09.00-15.00 WIB dan hari Jum’at tutup.

Taman Sriwedari

Taman Sriwedari merupakan Taman Hiburan Rakyat (THR) yang terletak di Jalan Brigjend Slamet Riyadi, Sriwedari, Laweyan, Surakarta, Jawa Tengah.
Objek wisata budaya ini menyajikan beraneka atraksi kesenian dan hiburan bagi masyarakat. Mulai dari pertunjukan wayang orang, pentas musik hingga dance.
Kawasan wisata ini terhitung disempurnakan dengan beberapa fasilitas lain layaknya wahana permainan seru, restoran dan terhitung stand-stand penjaja souvenir.

Agrowisata Sondokoro

Agrowisata ini berjarak lebih kurang 5 km dari kota Solo, tepatnya di Jalan Mangkunegara, Bojonegoro, Ngijo, Tasikmadu, Surakarta, Jawa Tengah.
Pada awalnya tempat ini merupakan pabrik gula, tapi sesudah itu dialihfungsikan menjadi objek wisata.
Suasana alam yang tetap asri dengan pepohonan rindang menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan sebab menyajikan panorama yang menyejukkan.
Di tempat ini juga, anda sanggup nikmati beraneka fasilitas yang tersedia, layaknya kolam renang dengan beraneka ukuran , spot untuk terapi ikan, pijat refleksi dan terhitung flying fox.
Yang tidak kalah uniknya terdapat monumen lokomotif, yang sanggup anda jadikan background foto. Objek wisata Sondokoro membuka tiap-tiap jam 08.00-17.00 WIB.

Pura Mangkunegaran

Terletak di Jalan Ronggowarsito, Keprabon, Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah, wisata histori dibangun terhadap 1757 oleh KGPAA Mangkunegara II dengan mengkombinasikan tipe tradisional Jawa dan sentuhan arsitektur Eropa.
Selain sanggup nikmati keindahan arsitektur bangunan, anda terhitung sanggup lihat beraneka koleksi benda seni dan bersejarah di wilayah ini.

Kampung Batik Kauman

Kampung Batik Kauman terletak di Kauman, Pasar Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah.
Di selama jalur anda bakal menjumpai showroom batik dan rumah-rumah yang produksi batik sekaligus menjualnya kepada wisatawan.
Dahulu kampung ini digunakan sebagai tempat untuk pembuatan kain batik bagi keluarga keraton.
Selain kampung batik Kauman tersedia terhitung kampung batik Laweyan yang terletak di Jalan Dr. Radjiman No 521, Laweyan, Surakarta.
Jika batik Laweyan didominasi dengan warna-warna terang maka batik Kauman cenderung manfaatkan warna gelap.
Seperti halnya produk batik Laweyan, hasil produksi kampung Kauman terhitung banyak dijual ke luar negeri.

Museum Batik Danar Hadi

Museum Batik ini terletak di Jalan Brigjend Slamet Riyadi, Sriwedari No. 261, Laweyan, Surakarta, jawa Tengah.
Tempat wisata yang menampilkan aneka macam koleksi batik didalam beraneka corak, dari seluruh nusantara. Baik berwujud corak batik klasik hingga kontemporer.
Di tempat ini anda terhitung sanggup lihat bagaimana sistem membatik secara langsung.

Ngarsopuro Night Market

Objek wisata malam yang satu ini terletak di Jalan Diponegoro, Keprabon, Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah.
Dengan jam operasional tiap-tiap Sabtu pukul 16.00-23.00 WIB, objek wisata ini menawarkan sensasi liburan seru di malam hari yang tak terlupakan.
Selain menyajikan wisata belanja, tempat ini terhitung benar-benar rekomended untuk menjelajahi wisata kuliner khas Solo.
Konsep pasar malam yang begitu kental dengan penataan yang rapi dan tertata memicu wilayah wisata malam ini disebut-sebut menyerupai Orchied Road di Singapura.

Galabo Solo

Mengunjungi Solo tidak lengkap tanpa menjelajahi wisata kulinernya yang menggugah selera. Langsung saja menuju ke Galabo Solo yang merupakan singkatan dari Gladak Langen Bogan yang terletak di Jalan Mayor Sunaryo di depan Pusat Grosir Solo.
Di selama jalur anda bakal lihat aneka menu khas Solo yang sanggup dicicipi sambil nikmati kondisi malam di Solo.
Pada akhir pekan umumnya tersedia pertunjukan live music yang memicu kondisi malam makin lama meriah. Wisata ini membuka terasa pukul 17.00-24.00 WIB.

Kebun Binatang Taru Jurug

Kebun binatang yang dibangun sejak tahun 1939 ini terletak di Jalan Ir. Sutami No. 40, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah.

Konsep wisata alam dan edukasi muncul begitu kental sehingga pengunjung sanggup nikmati selagi bersantai dengan rekreasi dan belajar, terlebih perihal koleksi satwa yang tersedia di kebun binatang ini.

Selain koleksi satwa layaknya gajah, macan tutul, zebra, komodo dan jenis satwa lainnya, anda bakal menemukan beberapa jenis pepohonan langka layaknya akasia, trembesi, cemara, pinus dan lainnya.

Selain berkeliling lihat aneka satwa, anda terhitung sanggup nikmati beberapa fasilitas yang tersedia layaknya taman bermain, kereta mini dan terhitung pertujukan seni berwujud reog atau kesenian lainnya.

Pandawa Water World Solo Baru

Taman rekreasi air ini terletak di Kompleks Pandawa Solo Baru, Sukoharjo, Jawa Tengah.
Objek wisata yang diresmikan terhadap tahun 2007 ini dibikin dengan konsep cerita pewayangan, dimana terhadap beberapa sudutnya terdapat patung-patung.
Patung berukuran besar yang menggambarkan tokoh-tokoh yang tersedia didalam dunia pewayangan. Seperti Arjuna, Nakula, Sadewa, Drupadi dan tokoh lainnya.
Objek wisata yang berada di antara Solo dan Wonogiri ini menyediakan 27 wahana permainan seru yang sayang untuk tidak dicoba.
Diantaranya adalah wave pool, sight tower, slides, warm spa, areated spa, fantastic dan wahana permainan lainnya. Objek wisata ini membuka tiap-tiap pukul 08.00-18.00 WIB.alun alun kidul solo