,

Alat Musik Petik, Apa Sajakah?

alat musik petik

alat musik petikMusik yang kami dengar memang perpaduan berasal dari lebih dari satu alat musik. Kolaborasi alat-alat musik yang dimainkan dengan membentuk komposisi yang menjadi sebuah lagu. Ada lebih dari satu model alat musik, keliru satunya adalah alat musik petik.

Apakah Itu Alat Musik Petik?

Alat musik yang manfaatkan dawai atau senar untuk menghasilkan bunyi. Ada lebih dari satu langkah untuk menghasilkan bunyi berasal dari dawai atau senar. Kali ini kami fokus terhadap alat musik yang dimainkan dengan langkah dipetik.

Ada lebih dari satu alat musik petik yang kami kenal, pada lain:

Gitar

Alat musik petik paling populer. Semua orang tahu, berasal dari musisi profesional mancanegara hingga pengamen jalanan memainkan gitar.

Menurut sejarah, gitar berasal berasal dari Spanyol. Itulah sebabnya tersedia arti gitar Spanyol merujuk kepada keliru satu model gitar. Terbuat berasal dari kayu dengan badan atau bodi bolong berlubang untuk resonansi, tersambung dengan leher yang dipasangkan 6 senar.

Untuk memainkan gitar secara paripurna dibutuhkan kemampuan tehnik bermain gitar dengan 144 kord atau kunci suara yang ada. Dalam perkembangannya gitar tidak hanya berjenis akustik tapi terhitung elektrik dikarenakan kenakan listrik di dalam penggunaannya.

Contra Bass/Bas

Bentuk dan susunan bunyinya sama dengan gitar. Badan atau bodi utamanya berlubang yang tersambung ke bagian leher area senar dipasangkan.

Bas menghasilkan suara rendah sebagai penjaga tempo. Dimainkan dengan membetot 4 senar yang relatif lebih besar dan tebal. Memainkannya harus berdiri dengan posisi bas diberdirikan.

Dengan perkembangan teknologi, bas akustik versi klasik yang bentuknya besar merasa jarang dipakai. Menjadi gitar bas dikarenakan bentuknya udah layaknya gitar elektrik dengan 4 senar.

Banjo

Alat musik yang dibawa imigran Afrika selagi masa perbudakan di Amerika. Secara historis berperan penting di dalam perkembangan budaya afro-amerika.

Memiliki 4 dawai, meskipun tersedia terhitung yang bersenar 5 atau 6. Badan atau bodinya bulat dilapisi selaput atau membran yang terbuat berasal dari kulit binatang sebagai reflektor penghasil bunyi. Kemudian tersambung ke bagian leher area senar dipasang ke ujungnya.

Seperti bedug di mesjid atau mushola di wilayah Nusantara. Jika bedug menghasilkan bunyi dengan ditabuh maka banjo dipetik senarnya agar berlangsung resonansi dengan membran.

Banjo dimainkan terhadap musik country, folk, tradisional Irlandia dan terhitung bluegrass. Bunyi khas alat musik banjo menjadi ciri perkembangan musik di Amerika.

Ukulele

Alat musik sejenis gitar yang ukurannya lebih kecil, kurang lebih 1/2 gitar biasa. Berasal berasal dari Hawaii dan terbuat berasal dari kayu. Bodi atau badannya bolong berlubang untuk resonansi yang tersambung dengan leher area 4 senar dipasang.

Ada 4 model cocok ukuran dan peruntukannya, yaitu model standar sopran kemudian model konser, tenor dan bariton.

Ukulele kondang di Indonesia sejak dibawa oleh Portugis. Berkembang dengan diterimanya musik keroncong yang menjadikan ukulele sebagai alat musik utamanya.

Harpa

Adalah alat musik yang udah lama ada. Diyakini sejak masa Mesir Kuno udah dimainkan sebagai alat musik.

Pada awalannya dibuat berasal dari busur panah. Harpa terhitung disebut sebagai alat musik malaikat. Mitos beredar dikarenakan sejak dulu lebih dari satu masyarakat percaya, harpa adalah alat musik yang dimainkan di surga.

Berbentuk segitiga terdiri berasal dari papan suara, bagian leher dan punyai 22 atau 47 senar. Memainkannya dipetik manfaatkan jari tangan atau kaki dengan duduk menghadap papan suara. Yang berukuran kecil dimainkan dengan dipangku layaknya bermain gitar.

Harpa sering dimainkan terhadap pagelaran musik orkestra dengan pemain harpa menjadi pusat perhatian terhadap tiap tiap komposisi musik yang dibawakan.

Mandolin

Berasal berasal dari Italia kemudian menyebar hingga Timur Tengah menghiasi khazanah musik disana.

Bodi atau badannya sedikit lebih besar, bulat dan gendut dibanding gitar dengan lubang bolong pembentuk resonansi. Tersambung dengan bagian leher area dawai terpasang.

Mandolin adalah alat musik pembuat melodi (chordophone) yang awalannya punyai 6 dawai ganda dan berkembang menjadi hanya 4 dawai ganda. Dawai ganda bermakna senar dipasang sekaligus 2 berdempetan untuk 4 dawai.

Mandolin masuk ke Indonesia sebagai bagian musik tradisional Melayu. Dimainkan mengiringi tarian selagi merayakan hari-hari besar keagamaan. Dipadukan dengan biola dan rebana atau tetabuhan lainnya. Grup musik tanah air yang terus menerus manfaatkan mandolin sebagai keliru satu alat musik adalah Soneta Group.

Kecapi

Salah satu alat musik tradisional Indonesia asal bumi Parahyangan, tanah Sunda di Jawa Barat.

Terbuat berasal dari kayu. Terdiri berasal dari kecapi perahu yang berbentuk layaknya perahu. Dan kecapi siter yang berbentuk trapesium memanjang. Di bagian bawah terdapat lubang bolong penghasil resonansi.

Memainkannya dipetik dengan manfaatkan tehnik spesifik yang diistilahkan layaknya menyentil, dijambret dan petikan jengkalan.

Berdasarkan fungsinya kecapi indung adalah pembuat musik, bisa memainkan sebuah komposisi secara lengkap. Bentuknya lebih besar dengan dawai berjumlah 18 hingga 20. Sedangkan kecapi rincik sebagai pengiring, isikan area di pada suara utama. Ukurannya lebih kecil, kecapi rincik hanya punyai 15 dawai.

Sasando

Alat musik tradisional Indonesia berasal dari pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Menurut histori udah dimainkan sejak abad ke 7 masehi oleh masyarakat disana.

Terbuat berasal dari bambu yang dibentuk menjadi tabung panjang. Secara melingkar dipasang penahan area dawai direntangkan berasal dari atas ke bawah. Penahan disusun untuk sebabkan suara berlainan berasal dari tiap tiap petikan senar. Tabung bambu yang udah dipasang senar di letakkan ke di dalam suatu wadah berasal dari anyaman semacam daun lontar sebagai penghasil resonansi. Jika senar dipetik, suara keluar berasal dari getaran wadah berbentuk kipas tersebut.

Dalam perkembangannya, sasando udah dibuat elektrik dengan teknologi masa kini.

Hasapi

Alat musik tradisional masyarakat Batak, Toba terhadap khususnya. Terbuat berasal dari kayu memanjang menyerupai kecapi Jawa Barat. Sering disebut sebagai kecapi Batak.

Ada 2 model hasapi, yaitu hasapi ende instrumen utama pembuat melodi. Dan hasapi doal sebagai pengiring yang ukuran lebih besar dibanding hasapi ende.

Hasapi adalah instrumen pembuat melodi (chordophone) berkategori ritmis yang hanya punyai 2 senar. Menggunakan interval mayor berbentuk tangga suara diatonik. Secara harafiah berbentuk riang gembira dan bersemangat.

Kita bisa memikirkan begitu semarak dan meriahnya ensambel gondang hasapi yang tampil terhadap sebuah pesta pernikahan adat Batak menghibur tamu-tamu yang hadir.

Sampe/Sape

Alat musik tradisional suku Dayak di Kalimantan. Terbuat berasal dari kayu pilihan yaitu kayu kapur atau kayu ulin.

Menyerupai kecapi Sunda atau hasapi tanah Batak. Yang membedakan ujungnya tersedia hiasan ukiran khas suku Dayak berbentuk kepala burung elang.

Dahulu senar yang berjumlah 3 hingga 6 manfaatkan serat pohon enau. Seiring dengan perkembangan jaman, saat ini senarnya kawat berukuran kecil.

Alat musik sampe digunakan di dalam acara-acara adat. Seperti terhadap prosesi ritual hasil panen, dimainkan mengiringi tarian tradisional suku Dayak.

Bandurria

Bandurria adalah alat musik petik yang berasal berasal dari Spanyol. Ada kemiripan dengan Mandolin tapi berasal dari susunan dan sifat memang berbeda.

Bandurria punyai body yang kecil, bulat menyerupai wujud tetesan air mata, punyai leher yang terlampau pendek. Keunikan lainnya adalah Bandurria manfaatkan setelan suara dengan jarak interval 5-5-5-5-5.

Untuk memainkan alat ini kebanyakan manfaatkan sebuah alat bernama plectrum. Bandurria kebanyakan isikan bagian melodi berasal dari sebuah lagu.

Uniknya adalah ternyata Bandurria bukan saja hanya tersedia di Spanyol dan Amerika Selatan, tapi menyebar hingga ke kawasan Asia Tenggara yaitu di Filipina.

Blik Kitaar

Alat musik petik ini berasal berasal dari Benua Afrika. Sesungguhnya alat musik ini berasal berasal dari kreativitas tinggi berasal dari warga Afrika yang idamkan bermain musik agar mereka sebabkan sendiri alat musik untuk dimainkan.

Bentuknya menyerupai gitar tapi manfaatkan bahan-bahan yang ditemui sehari-hari. Bagian badan gitar kebanyakan manfaatkan kaleng bekas oli kendaraan yang dilubangi.

Kemudian bagian leher ditancapkan ke bagian badan tersebut. Sedangkan untuk senar manfaatkan bahan berasal dari tali pancing. Senar yang digunakan tersedia yang terdiri berasal dari 3, 4 hingga 6 senar.

Tuning yang digunakan kebanyakan manfaatkan suara c – f – a – c. Pada perkembangannya selagi ini Blik Kitaar udah “naik kelas” dan banyak dibuat menjadi wujud elektrik.

Gambus

Alat musik Gambus berasal berasal dari Timur Tengah dan tersebar hingga ke Asia Tenggara lebih-lebih Senanjung Malaya dan Indonesia. Gambus dibawa ke kawasan ini oleh para pekerja berasal dari negara Yaman yang sekaligus membawa kekayaan seni budaya mereka.

Di Malaysia sering disebut sebagai Gambus Hadramaut, namun di Indonesia sering disebut sebagai Gitar Gambus.

Bentuknya seumpama diperhatikan menyerupai buah pir. Suara yang dihasilkan puns terlampau khas dikala dipetik.

Pada awalannya Gambus tidak manfaatkan fret untuk membedakan wilayah penekanan jari. Namun belakangan Gambus udah manfaatkan fret sebagai penanda wilayah nada.

Saat ini Gambus sering dimainkan seiring dengan alat musik lain dan sering disebut sebagai Orkes Gambus oleh masyarakat Indonesia.

Kecapi Dayak

Di pulau Kalimantan tidak cuman punyai alat musik petik bernama Sampe/Sape, terdapat terhitung sebuah alat musik petik khas suku Dayak bernama Kecapi Dayak.

Karena itu Kecapi Dayak punyai kemiripan dengan Sape tapi berukuran lebih kecil. Bagian depan berbentuk datar dan bagian belakang membulat.

Kecapi Dayak adalah alat musik petik tanpa fret dan manfaatkan tiga buah senar. Sehingga bisa dikatakan Kecapi Dayak adalah penggabungan dua unsur pada Kecapi dengan Sape.

Bandola

Alat musik petik bernama Bandola ini berasal berasal dari Amerika Selatan tepatnya berasal dari Venezuela. Bentuknya menyerupai gitar tapi detail-detailnya berbeda.

Misalnya berasal dari wujud badannya yang sama buah pir besar dimana terhadap bagian ujungnya membulat.

Bandola terbagi menjadi dua yaitu Bandola Ilanera dan Bandola Oriental. Pada Bandola Ilanera manfaatkan empat buah senar nylon dengan tuning a – d – a – e. Sedangkan Bandola Oriental manfaatkan 4 buah senar double layaknya Mandolin.

Sitar

Bisa dibilang Sitar adalah alat musik paling kondang yang berasal berasal dari tanah Hindustan, India. Sitar merasa digunakan sejak abad pertengahan untuk mengiringi karya-karya tradisional India.

Ukuran Sitar terdiri berasal dari beraneka macam model cocok kebutuhan. Menggunakan tujuh buah dawai atau senar dimana tiga buah senar dimainkan dengan dipetik. Senar yang punyai suara rendah kebanyakan dimainkan untuk mengakibatkan pengaruh ritmik berasal dari permainan Sitar.

Untuk memainkan Sitar manfaatkan alat petik (plectrum) yang disebut sebagai Mizrab. Mizrab bisa digunakan untuk memetik dawai ke arah atas atau ke arah bawah bergantian.

Hal unik lainnya adalah Sitar menjadi unsur utama berasal dari musik India tapi tidak dulu tersedia partitur atau catatan komposisinya, dikarenakan tehnik dan lagu-lagu yang dimainkan diajarkan secara turun temurun berasal dari pemain sebelumnya.