, ,

5 Makanan Khas Medan Halal Terbaik

5 Makanan Khas Medan Halal Terbaik

Medan dikenal sebagai salah satu kota di Indonesia yang mempunyai keberagaman yang memikat. Ada banyak etnis yang tinggal di Medan dan tinggal rukun berdampingan. Mulai dari etnis Tionghoa, Melayu, India, Jawa, dan masih banyak lagi.

Keberagaman etnis inilah yang membuat Medan mempunyai kuliner khas unik dan bermacam. Ada makanan yang betul-betul kental dengan unsur Melayu, China, dan ada juga yang seperti kuliner Kari khas India.

Tidak lengkap rasanya jikalau pergi ke Medan tanpa mencicipi makanan khasnya yang bermacam. Namun, karena keberagaman itu pula, tidak semua makanan khas Medan terbuat dari bahan yang halal. Namun, jangan cemas Sahabat Dream, masih banyak makanan khas Medan halal yang dapat kita coba.

1. Mie khas Titi Bobrok

Salah satu makanan khas Medan halal ini memang terlihat seperti Mie khas Aceh, lengap dengan sayuran toge, dan tambahan topping yang dapat disesuaikan dengan selera. Kesamaan ini dikarenakan letak geografis Aceh dan Medan betul-betul dekat, sehingga ada sebagian kuliner khas yang mempunyai kesamaan. Bila mau mengicipi lezatnya mie yang satu ini, kalian dapat berkunjung ke salah satu kafe Mie Aceh yang tenar di Medan. Tepatnya ada di Jalan Setia Budi, namanya Kafe Titi Bobrok

2. Mie Balap

Satu lagi makanan khas Medan halal yang seharusnya dicoba, yakni Mie Balap. Seperti namanya, mie ini diolah dengan betul-betul pesat, seperti balapan. Uniknya lagi, mie ini dimasak di atas tungku kayu, sehingga menciptakan wangi-wangian yang khas. Mie ini terbuat dari mie kway teow dan diberikan tambahan daging ayam, bakso ikan, daging atau makanan laut. Lalu dipersembahkan di atas daun pisang dengan saus cabai hijau yang akan membuat lidah bergoyang.

3. Sup Sumsum Sapi Sipirok

Sumsum tulang sapi memang senantiasa menarik hati, seperti halnya makanan halal khas Medan yang satu ini. Sup sumsum sapi Sipirok ini mempunyai cita rasa yang unik, dan bumbunya betul-betul kental. Para pelanggan dapat menikmati sup ini dengan sedotan yang dimasukkan ke dalam tulang sapi.

Kuah sup ini betul-betul segar, ditambah lagi kenyalnya sumsum tulang sapi yang telah dibumbui, menambah nikmati sajian khas Medan yang satu ini. Bagi Sahabat Dream yang mau mencicipinya, dapat datang ke salah satu kafe tenar Rumah Makan Sipirok di Jalan Sunggal No. 14, Medan.

4. Kari Bihun Tabona

Bila makanan halal khas Medan yang satu ini ada ciri khas India-nya nih, Namanya, Kari Birun, yang terbuat dari mie yang dimasak dengan tambahan kaldu daging dan diberikan potongan daging, dapat daging ayam atau daging sapi.Rasa kuahnya betul-betul khas, hampir mirip dengan kuah kari khas India. Untuk dapat menikmati kuliner yang satu ini, kalian dapat berkunjung ke Kafe Tabona di Jalan Mangkubumi No. 17, Medan.

5. Nasi Soto Medan

Di Indonesia terdapat bermacam jenis jenis soto, dan tiap-tiap daerah mempunyai ciri khas soto yang berbeda-beda. Di Medan juga terdapat kuliner soto yang khas, bedanya dengan menu soto daerah lain yakni kuah dan isiannya.

Kuah Soto Medan jauh lebih kental dan berwarna gelap, dan isiannya berupa daging ayam atau daging sapi. Sama dengan soto di daerah lain, penyajian Soto Medan juga dilengkapi dengan nasi hangat dan saus pedas khas Medan yang menarik hati selera dan pedas